Pencahayaan merupakan salah satu
faktor untuk mendapatkan keadaan lingkungan yang amandan nyaman dan
berkaitan erat dengan produktivitas manusia. Pencahayaan yang baik
memungkinkanorang dapat melihat objek-objek yang dikerjakannya secara jelas dan
cepat.Menurut sumbernya, pencahayaan dapat dibagi menjadi :1. Pencahayaan
alamiPencahayaan alami adalah sumber pencahayaan yang berasal dari sinar
matahari. Sinar alamimempunyai banyak keuntungan, selain menghemat energi
listrik juga dapat membunuh kuman. Untukmendapatkan pencahayaan alami pada
suatu ruang diperlukan jendela-jendela yang besar ataupundinding kaca
sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai.Sumber pencahayaan alami
kadang dirasa kurang efektif dibanding dengan penggunaan pencahayaanbuatan,
selain karena intensitas cahaya yang tidak tetap, sumber alami menghasilkan
panas terutamasaat siang hari. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan agar
penggunaan sinar alami mendapatkeuntungan, yaitu:- Variasi intensitas cahaya
matahari- Distribusi dari terangnya cahaya- Efek dari lokasi, pemantulan
cahaya, jarak antar bangunan- Letak geografis dan kegunaan bangunan gedung2.
Pencahayaan buatanPencahayaan buatan adalah pencahayaan yang dihasilkan oleh
sumber cahaya selain cahaya alami.Pencahayaan buatan sangat diperlukan
apabila posisi ruangan sulit dicapai oleh pencahayaan alami atausaat
pencahayaan alami tidak mencukupi. Fungsi pokok pencahayaan buatan baik yang
diterapkansecara tersendiri maupun yang dikombinasikan dengan pencahayaan alami
adalah sebagai berikut:- Menciptakan lingkungan yang memungkinkan penghuni
melihat secara detail serta terlaksananya tugasserta kegiatan visual secara
mudah dan tepat- Memungkinkan penghuni berjalan dan bergerak secara mudah dan
aman- Tidak menimbukan pertambahan suhu udara yang berlebihan pada tempat
kerja- Memberikan pencahayaan dengan intensitas yang tetap menyebar secara
merata, tidak berkedip, tidakmenyilaukan, dan tidak menimbulkan
bayang-bayang.- Meningkatkan lingkungan visual yang nyaman dan
meningkatkan prestasi.Sistem pencahayaan buatan yang sering dipergunakan secara
umum dapat dibedakan atas 3 macamyakni :
Pada sistem ini
60-90% cahaya diarahkan ke langit-langit dan dinding bagian atas, sedangkan
sisanyadiarahkan ke bagian bawah. Untuk hasil yang optimal disarankan
langitlangit perlu diberikan perhatianserta dirawat dengan baik. Pada sistem
ini masalah bayangan praktis tidak ada serta kesilauan dapatdikurangi.5.
Sistem Pencahayaan Tidak Langsung (indirect lighting)Pada sistem ini 90-100%
cahaya diarahkan ke langit-langit dan dinding bagian atas kemudiandipantulkan
untuk menerangi seluruh ruangan. Agar seluruh langit-langit dapat menjadi
sumber cahaya,perlu diberikan perhatian dan pemeliharaan yang baik. Keuntungan
sistem ini adalah tidak menimbulkanbayangan dan kesilauan sedangkan kerugiannya
mengurangi effisien cahaya total yang jatuh padapermukaan kerja.Penggunaan tiga
cahaya utama adalah hal umum yang berlaku di dunia film dan photography.
Padapresentasi arsitektural penggunaannya akan sedikit berbeda, walaupun masih
dalam kerangkapemikiran yang sama. Agar pembaca lebih mudah memahami topik ini,
saya menyertakan ilustrasi-ilustrasi gambar di bawah ini. Harap diingat bahwa
topik ini tidak terkait dengan penggunaan softwareapapun, baik 3D Studio MAX,
Lightwave, Maya, Softimage, ataupun software lainnya. Salah satu caramudah
untuk melakukan pencahayaan adalah dengan membuat warna seragam pada seluruh
materialpada 3D scenes. Teknik pecahayaan dibagi menjadi 3 bagian yaitu :1.
Cahaya Utama (Key Light)Key Light merupakan pencahayaan utama dari gambar kita,
dan merepresentasikan bagian paling terangsekaligus mendefiniskan bayangan pada
gambar. Key Light juga merepresentasikan pencahayaan palingdominan seperti
matahari dan lampu interior. Meski demikian peletakannya tidak harus persis
tepatpada sumber pencahayaan yang kita inginkan. Key light juga merupakan
cahaya yang paling terang danmenimbulkan bayangan yang paling gelap.
Biasanya Key Light diletakkan pada sudut 450 dari arahkamera karena akan
menciptakan efek gelap, terang serta menimbulkan bayangan.2. Cahaya pengisi
(Fill light)Fungsi fill light adalah melembutkan sekaligus mengisi bagian gelap
yang diciptakan oleh key light. FillLight juga berfungsi menciptakan kesan tiga
dimensi. Tanpa fill light ilustrasi kita akan berkesan muramdan misterius, seperti
yang biasa kita lihat pada film X-Files dan film-film horor (disebut
sebagai efekfilm-noir). Keberadaan fill light menghilangkan kesan seram
tersebut, seraya memberi image tigadimensi pada gambar. Dengan demikian
penciptaan bayangan (cast shadows) pada fill light padadasarnya tidak
diperlukan. Rasio pencahayaan pada fill light adalah setengah dari
key light. Meskipundemikian rasio pencahayaan tersebut bisa disesuaikan
dengan tema ilustrasi. Tingkat terang Fill lighttidak boleh menyamai Key Light
karena akan membuat ilustrasi kita berkesan datar. Pada dasarnya filllight
diletakkan pada arah yang berlawanan dengan key light, karena memang berfungsi
mengisi bagiangelap dari key light. Pada gambar di bawah key light
diletakkan pada bagian kiri kamera dan fill lightpada bagian kanan. Fill light
sebaiknya diletakkan lebih rendah dari key light.
3. Cahaya Latar
(Back Light)Back Light berfungsi untuk menciptakan pemisahan antara objek utama
dengan objek pendukung.Dengan diletakkan pada bagian belakang benda back
light menciptakan "garis pemisah" antara objekutama dengan latar
belakang pendukungnya. Pada ilustrasi di atas back light digunakan
sebagaipengganti cahaya matahari untuk menciptakan "garis pemisah"
pada bagian ranjang yang menjadi fokusutama dari desain. Karena cahaya matahari
pada sore hari menjelang matahari terbenam bernuansa jingga, maka
diberikan warna jingga pada back light tersebut. Selain itu back light juga
menyebabkantimbulnya bayangan sehingga bagian cast-shadow pada program 3D
sebaiknya diaktifkan.Pada dasar-dasar pencahayaan, selain tiga pencahayaan
utama terdapat dua pencahayaan lain yangmendukung sebuah karya menjadi terlihat
nyata yang disebut cahaya tambahan. Cahaya tambahanterdapat 2 macam yaitu :1.
Cahaya Aksentuasi (Kickers light)Kickers berfungsi untuk memberikan penekanan
(aksentuasi) pada objek-objek tertentu. Lampu spotadalah yang terbaik digunakan
karena mempunyai kemiripan dengan sifat lampu spot halogen yangbiasa
dipergunakan sebagai elemen interior. Intensitas cahaya aksentuasi tidak boleh
melebihi key lightkarena akan menciptakan "overexposure" sehingga
hasil karya jadi terlihat seperti photo yang kelebihancahaya.2. Cahaya
Pantul (Bounce light)Setiap benda yang terkena cahaya pasti akan memantulkan
kembali sebagian cahayanya. Misalnyacahaya matahari masuk melalui jendela dan
menimbulkan "pendar" pada bagian tembok dan jendela.Warna pendaran
cahaya tersebut juga harus disesuaikan dengan warna material
yang memantulkancahaya. Semakin tingga kadar reflektifitas suatu benda,
seperti kaca misalnya, semakin besarlah"pendar" cahaya yang
ditimbulkannya.
0 komentar:
Posting Komentar